Nusantara Tropical Farm and Fish


Selamat datang di NUTROFFISH (Nusantara Tropical Farm and Fish) sebuah ilmu dan tantangan dalam membangkitkan dunia agraris di Negeri Nusantara. NUTROFFISH membatu para pembudidaya ikan di seluruh nusantara dalam pengadaan benih lele yang berkwalitas. Anda ragu atau memiliki kendala dalam budidaya lele, jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai permasalahan budidaya lele.

13.12.11

Kota Bengkulu Targetkan Produksi 2 Juta Bibit Lele


Selasa, 13 Desember 2011 12:53 WIB

Kota Bengkulu Targetkan Produksi 2 Juta Bibit Lele
Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bengkulu pada 2012 menargetkan produksi dua juta benih lele untuk mengatasi kebutuhan para petani. (Antara Bengkulu/Ilustrasi)
Bengkulu, (ATARABengkulu) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bengkulu pada 2012  menargetkan produksi dua juta benih lele untuk mengatasi kebutuhan para petani di daerah itu.

"Kami optimistis target produksi bibit lele sebanyak 2 juta ekor pada 2012 dapat direalisasikan. Keyakinan ini didasarkan atas produksi bibit lele pada 2011 hampir mendekati angka satu juta ekor," kata Kabid Produksi DKP Kota Bengkulu, Syafrizal, Selasa.

Meski Kota Bengkulu tidak memiliki balai benih ikan (BBI), tapi pihaknya aktif membina sebanyak 20 unit pembenihan rakyat (UPR) di daerah itu.

Satu UPR mampu menghasilkan sebanyak 60.000 benih lele/bulan. Dengan produksi sebanyak ini, maka Kota Bengkulu menjadi sentra penghasil bibit lele di daerah itu.

Syafrizal mengatakan, untuk meningkatkan produksi ikan lele di Kota Bengkulu, pihaknya sejak 2010 telah menyalurkan bantuan kolam fiber sebanyak 200 unit kepada kelompok tani di daerah itu.

Kolam fiber ini selain untuk membesarkan juga sekaligus sebagai penangkar biti lele. Usaha penangkar ini dilakukan guna mengatasi kebutuhan para petani di Kota Bengkulu.

Sehingga ke depan Kota Bengkulu tidak memasok bibit ikan lele dari luar, seperti yang terjadi selama ini. Harga benih lele di petani Bengkulu berkisar Rp150-Rp175/ekor.

"Selama ini, kita masih mendatang bibit lele dari daerah Lampung dan Jambi, tapi setelah DKP membina UPT maka kebutuhan bibit sudah dapat diatasi dari hasil penangkaran sendiri," ujarnya.
 
Ia menambahkan, jika target produksi bibit lele pada 2012 mencapai sebanyak 2 juta ekor, maka Bengkulu bisa menjual bibit lele ke daerah tetangga.(ANT/291)
Editor: Indra Gultom